Wilayah Indonesia Mengalami Fenomena Kulminasi Matahari Dan Hal Ini Akan Menimbulkan Efek Buruk Pada Kulit.

Menurut data Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMKG), wilayah Indonesia sedang mengalami kulminasi matahari. Informasi yang didapat dari infobmkg tentang fenomena kulminasi utama adalah fenomena saat matahari dilangit berada tepat diposisi lintang dimana kita berada, sehingga membuat sudut deklinasinya 0 atau tepat tegak lurus diatas kepala kita, sehingga membuat apapun seakan akan tak ada bayangannya. Fenomena kulminasi terjadi lantaran adanya revolusi bumi mengitari matahari yang mengakibatkan gerak semu matahari. Letak wilayah geografis Indonesia yang berada disebelah utara dan selatan ekuator membuat kulminasi terjadi dua kali dalam setahun dibeberapa wilayah. Fenomena kulminasi matahari dibulan ini menyebabkan pancaran radiasi langsung. Matahari menjadi lebih maksimal dan akan meyebabkan kondisi terik dan sangat terasa menyengat dikulit.

Di pulau Jawa, kulminasi utama terjadi pada bulan Oktober ini, Kulminasi utama di wilayah jakarta diumumkan oleh BMKG terjadi pada tanggal 9 Oktober 2018, pukul 11.40WIB dan di Serang pukul 11.42 WIB. Kulminasi akan terjadi di Bandung pada tanggal 11 Oktober pukul 11.36 WIB, di Semarang pukul 11.25 WIB. Di Surabaya Kulminasi akan dirasakan pada tanggal 12 Oktober pukul 11.15 WIB dan di Jogjakarta pada 13 Oktober 11.24.

Menghadapi fenomena kulminasi matahari ini  apa saja yang harus dipersiapkan

  1. Wajib menggunakan sunblock sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan. Sunblock yang digunakan harus memiliki SPF yang mampu melindungi kulit dari sinar UVB atau radiasi yang mampu merusak kulit. Gunakan sunblock pada wajah dan kulit yang kiranya terkena matahari langsung.
  2. Menggunakan payung untung melindungi kulit dari sengatan matahari langsung
  3. Hindari kegiatan yang banyak dilakukan diluar ruangan.

 

Bagikan Berita :