#LindungiHakPilihMu dan #CekDPTmu Jadi Trending Topik di Media Sosial

Jelang pemilu dan pilpres yang hanya sekitar enam bulan lagi, KPU mulai menyosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan diri dan mengecek nama mereka di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerahnya masing-masing. Tujuan dari sosialisasi ini adalah agar masyarakat yang saat ini sedang bersemangat untuk berpartisipasi pada pemilu 2019 tidak kehilangan hak pilihnya dengan terdaftar di DPT.

Warganet menyambut positif kampanye tentang DPT ini. Dua buah tagar bertema DPT pun menjadi trending topik sejak tanggal 16 hingga 17 Oktober 2018. Tagar #LindungiHakPilihMu mewarnai ranah media sosial hingga menduduki posisi tiga besar diikuti tagar-tagar lain. Sementara itu, #CekDPTmu pun juga mendapat posisi 1 menjadi tren.

Berdasarkan hasil pemantauan perusahaan media intelijen berbasis di Australia, Isentia, data per tanggal 17 Oktober menunjukkan bahwa terdapat pembicaraan (buzz) tentang dua tagar tersebut. Sentimen positif lebih banyak dari sentimen negatif, dan yang bernada netral dan positif ini lebih mengarah pada apresiasi terhadap KPU dan ajakan untuk partisipasi.

Menurut Business Director Isentia, John Alexander, kampanye KPU cukup berhasil di ranah digital. “Kami melihat bahwa KPU sangat profesional dalam melakukan sosialisasi. Terbukti dari tagar yang berhubungan dengan DPT menjadi trending topik. Padahal ada tagar-tagar lain yang juga mendominasi. Saya pikir ini mengindikasikan bahwa masyarakat sudah melek politik dan rasa memiliki hak pilihnya pun sudah meningkat. Di sini kita bisa melihat bahwa publik sudah tidak skeptis lagi terhadap pemilu dan demokrasi.”

Dengan menggunakan analisis social insight, Isentia menemukan bahwa mayoritas trending topic tersebut menyebutkan akun resmi KPU dalam setiap postingannya. Tagar #LindungiHakPilihMu dan #CekDPTmu bersaing dengan #Milad67Prabowo dan #YoutubeDOWN yang juga menjadi trend pada hari tersebut.

Bagikan Berita :