Apa Itu Data Lake? Paques Selenggarakan “The 2019 Smart Data Lake Event”

Tipe penyimpanan data dengan sistem data lake banyak juga dipilih oleh beberapa perusahaan untuk operasional bisnisnya.  Model seperti ini biasanya membuat perusahaan dapat menyimpan berbagai data darimanapun sumbernya dan bagaimanapun strukturnya. Namun, data lake seperti ini juga harus dikelola dengan baik sehingga sewaktu-waktu dapat dianalisis dengan mudah dan cepat.

Untuk lebih mengenaal sistem data lake ini, Paques sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan solusi data lake dan analitik buatan Indonesia ini menyelenggarakan sebuah event bertajuk “The 2019 Smart Data Lake Event”. Event ini berlangsung di CGV pacific Place Jakarta, 9/4/2019.

Acara ini dihadiri langsung oleh CEO dan Product Creator Paques, Benni Adham. Pada kesempatan tersebut, Benni  memaparkan hasil kinerja Paques selama ini. Paques juga sekaligus memperkenalkan rangkaian produk flagship mereka yaitu Paques Data Lake, paques Data Modeler, dan Paques Data Studio.

Selama beroperasinya Paques, solusi yang disediakannya ini turut diakui oleh Bursa Efek Indonesia. BEI mengapresiasi kinerja yang sudah diberikan paques. “Selama ini Paques mampu mengolah data transaksi pasar saham secara real-time sehingga BEI dapat mengenali pola transaksi yang janggal, solusi Paques juga membantu BEI dalam membuka potensi di daerah sehingga kami bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan tepat sasaran.”, tutur Radityo Anindita, Advisor Divisi Inkubasi Bisnis Bursa Efek Indonesia.

Dengan tema yang dibawa Paques, perusahaan ingin dapat membangun dan mengelola data lake dengan lebih cepat dan mudah, termasuk untuk menganilisisnya. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen agar data lake yang mereka kelola dapat menangani berbagai skala, ketangkasan, dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memadukan berbagai jenis pendekatan data supaya bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam.

 

Bagikan Berita :