Bersama Sumitomo Corporation, QRIM Express Akan Bidik Segmen C2C di Indonesia

Berkembangnya industri eCommerce dan jasa pengiriman barang di Indonesia, mendorong PT Reka Cakrabuana Logistik melakukan rebranding produk pengiriman barang mereka dari Red Carpet Logistics menjadi QRIM Express. Dengan identitas baru ini diharapkan QRIM Express bisa lebih dikenal oleh mayarakat Indonesia untuk kebutuhan pengiriman berbagai paket dan barang dari satu kota ke kota lainnya di Indonesia.

Guna menghadirkan layanan logistik yang prima dan memuaskan konsumen, QRIM Express pun menggandeng Sumitomo Corporation untuk menjalankan strategi bisnis yang baik dalam hal layana pengiriman barang, terutama di segmen C2C. Investasi yang dilakukan Sumitomo Corporation sendiri sekitar 40 persen dari total kepemilikan saham QRIM Express.

“Setelah menggunakan identitas baru, QRIM Express pada tahun ini membidik segmen baru yaitu C2C yang bersifat retail. Kami akan mengembangkan service center dimana konsumen nantinya bisa datang ke konter kami melakukan transaksi pengiriman barang dan selanjutnya kami akan memprosesnya hingga kiriman sampai ke tangan konsumen di kota tujuan,” ujar Abdul Rahim Tahir selaku CEO QRIM Express saat menjelaskan strategi QRIM Express di Artotel Jakarta, 13/6/2019. “Tahun lalu kami mendapat investaasi dari Sumitomo Corporaation, sehingga mereka memiliki saham sekitar 40 persen. Sumitomo akan bekerjasama dengan Lippo Group sebagai pemegang saham utama untuk menjalankan bisnis ini,” lanjut Abdul Rahim Tahir.

Abdul Rahim Tahir

Saat ini, QRIM Express telah mengoperasikan 54 hubs yang dapat menjangkau 172 kota di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, QRIM Express menjelaskan bahwa mereka cukup optimis untuk menjalankan bisnis logistik ini di Indonesia. Hal ini karena berdasarkan data dari Roland berger, volume pengiriman akan meningkat hingga 1,8 miliar paket di tahun 2021, berkembang cukup drastis dari 2018 yang memiliki volume 800 juta pengiiman paket.

Untuk memperlancar pengiriman paket di setiap hubs QRIM Express memiliki gateway, station, dan service center. Gateway berlokasi di dekat bandara, menerika paket yang sudah disortir.

Jaringan QRIM Express di Indonesia juga sudah cukup luas. QRIM Express telah hadir di 156 kota di Indonesia, mulai dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi,  hingga Papua. Guna memperlancar proses pengiriman, QRIM Express pun sudah memiliki total 515 armada milik sendiri, yang terdiri dari 32 van box, 72 CDE Box, 1 CDE Triway, 1 CDD Box, 387 Sepeda motor, 2 unit WingBox, dan 20 unit Customized Fleet. Keseluruhan proses ini juga ditunjang oleh 387 kurir yang melayani pengiriman denga sepeda motor dan 36 pengemudi untuk pengiriman menggunakan roda empat.

 

Bagikan Berita :