BI Sulut Minta Perbankan Salurkan Kredit Mikro ke UMKM sebesar 20 Persen di 2018

Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara ingin para UMKM bisa berbisnis lebih luas lagi dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, BI pun mendorong perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar bisa menyalurkan kredit ke usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar 20 persen di 2018.

“Tahun ini kami akan memperkuat komitmen untuk mendorong bank umum memenuhi target rasio kredit UMKM sebesar 20 persen,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, seperti dikutip dari Antara.”Namun hal ini harus dilakukan tanpa meninggalkan prinsip kehati-hatian dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang tumbuh berkualitas. Mulai tahun ini diwajibkan perbankan Indonesia menyalurkan kreditnya kepada pelaku UMKM, 2018 menjadi 20 persen,” lanjut Soekowardojo.

Hingga saat ini, perbankan di Sulut sudah menyalurkan kredit ke UMKM dengan persentase yang bervariasi. TIngkatannya mencapai 20 persen bahkan lebih dari total kredit yang disalurkan, tetapi ada juga yang baru satu persen. Untuk hal ini, suku bunga kredit yang diberikan perbankan kepada UMKM tetap mengikuti suku bunga pasar karena pendanaan perbankan juga berasal dari pasar.

Untuk mencegah kredit macet, Soekowardojo juga mengatakan bahwa perbankan tetap harus mengaacu kepada prinsip kehati-hatian.

“Memang, semua harus tetap ditingkatkan tapi harus sehat, dan perlu diketahui bahwa kredit macet UMKM sudah di atas nasional,” tutup Soekowardojo.

Bagikan Berita :