Huawei Dukung Pengembangan SDM TIK Berkompetensi Global

Huawei kembali menggelar program Seeds for the Future. Program ini adalah bentuk penegasan komitmen Huawei dalam turut menyiapkan SDM TIK yang profesional, penuh integritas, inovatif, dan berdaya saing tinggi, melalui transfer pengetahuan tentang teknologi, inovasi, nilai-nilai korporasi, wawasan global, dan juga pentingnya menjunjung tinggi kearifan lokal, yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan industri dan lingkungkan kerja di era baru yang kian kompleks dan kompetitif.

Dalam enam tahun terakhir, Seeds for the Future ini telah memberikan kontribusi kepada pengembangan kompetensi lebih dari 100 mahasiswa universitas dan politeknik di Indonesia. Tahun ini, Seeds for the Future melibatkan delapan perguruan tinggi terkemuka Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran Bandung, Telkom University Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Multimedia Nusantara. Kandidat dipilih berdasarkan prestasi dan kepesertaan mereka dalam Huawei ICT Competition di tingkat universitas. Program ini dapat menjadi ajang mengasah kemampuan dan pengetahuan ICT lebih lanjut sebelum mereka mengikuti kontes yang sama di tingkat regional pada tahun 2020 nanti.

Tahun ini, Seeds for the Future melibatkan delapan perguruan tinggi terkemuka Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran Bandung, Telkom University Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Multimedia Nusantara. Kandidat dipilih berdasarkan prestasi dan kepesertaan mereka dalam Huawei ICT Competition di tingkat universitas. Program ini dapat menjadi ajang mengasah kemampuan dan pengetahuan ICT lebih lanjut sebelum mereka mengikuti kontes yang sama di tingkat regional pada tahun 2020 nanti.

Pada kesempatan yang sama, Huawei, juga mengumumkan ditandatanganinya nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Nota kesepahaman ini terkait penyelenggaraan program pelatihan sumber daya manusia (SDM) di bidang TIK, terutama di kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Kerja sama Huawei dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di bidang pendidikan vokasional ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia yang tertuang dalam inisiatif strategis nasional: “Making Indonesia 4.0”[1] yang membutuhkan talenta-talenta dengan kecakapan dan kompetensi TIK yang tepat, yang siap mengantisipasi era baru yang kian kompleks, serba terhubung, penuh dinamika, dan sarat dengan inovasi.

Bagikan Berita :