Ini Tips dari OLX untuk Cari Hunian Idaman

Kata orang, mencari tempat tinggal layaknya mencari jodoh. Tidak mudah mencari yang tepat di hati. Ungkapan itu mungkin benar adanya, namun bukan berarti mencari hunian akan selalu sulit dan melelahkan.

Dalam acara OLX DealFest di Gandaria City Mall Jakarta beberapa hari lalu, Mande Austriono, arsitek muda yang memperkenalkan konsep co-housing kepada masyarakat Indonesia, membagikan berbagai tips untuk mencari tempat tinggal yang tepat. Dengan mengikuti panduan ini, bisa jadi Anda akan segera menemukan ‘jodoh’ Anda.

1. Hitung anggaran anda

Budget menjadi pertimbangan paling penting dalam memilih hunian. Bila Anda memiliki dana cukup besar, tentu membeli rumah atau apartemen dengan cara tunai bisa menjadi pilihan. Namun bila dana Anda terbatas, pertimbangkan untuk membeli secara kredit dengan cicilan dan tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa bahwa Anda juga harus menyisihkan dana sebesar setidaknya 30% dari harga rumah sebagai down payment bila membeli secara kredit. Perhitungkan juga beberapa biaya tambahan lainnya terkait dengan pajak dan administrasi pengajuan kredit.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Bila Anda sudah menikah namun belum memiliki anak, mungkin Anda lebih cocok tinggal di apartemen. Sebaliknya, tinggal bersama orang tua dan anak-anak tentu membuat Anda mempertimbangkan untuk memiliki rumah dengan lebih dari 3 kamar serta halaman yang luas. Menyesuaikan pencarian hunian dengan kebutuhan Anda akan mempercepat proses menemukan hunian idaman.

3. Tentukan lokasi

Berkantor di pusat kota? Hunian apartemen di tengah kota bisa menjadi pilihan tempat tinggal ideal. Namun bila Anda lebih menginginkan rumah tapak berhalaman luas dan pekerjaan Anda tidak mengharuskan Anda sering ke pusat kota, membeli rumah di pinggiran kota Jakarta yang biasanya berharga lebih terjangkau ketimbang yang berlokasi di tengah kota bisa jadi lebih tepat. Lokasi tempat tinggal juga akan menentukan biaya transportasi harian Anda. Kalau bisa tinggal di tengah kota dengan biaya transportasi lebih rendah dan sisa biaya bisa dialihkan untuk tambahan biaya cicilan KPR atau KPA, kenapa tidak dicoba?

4. Pertimbangkan membeli tanah

Bila belum juga mendapatkan pilihan tempat tinggal yang cocok, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli tanah yang nantinya bisa Anda bangun sesuai keinginan dan kebutuhan. Tapi pastikan Anda bekerja sama dengan arsitek yang mumpuni untuk memastikan hasil jadi hunian Anda nanti sesuai dengan keinginan!

5. Gunakan jasa agen properti

Menggunakan jasa agen properti bisa mempermudah dan mempercepat pencarian hunian. Anda cukup menyebutkan kriteria hunian yang diinginkan, lokasi serta anggaran Anda, dan mereka akan mencarikan hunian yang paling sesuai untuk Anda. Tentu akan ada biaya tambahan seperti jasa untuk agen properti yang membantu mewujudkan impian Anda, meski biasanya dibebankan kepada penjual properti.

6. Jelajahi platform online yang aman dan kredibel

Mencari hunian dapat dilakukan secara nyaman melalui platform online terpercaya. OLX menawarkan ragam pilihan kategori properti dan lahan yang bisa disortir berdasarkan lokasi, spesifikasi serta harga untuk kemudahan pengguna. Berbagai pilihan rumah, apartemen, serta lahan siap bangun bisa ditemukan di platform ini. Selain itu, platform OLX juga menawarkan fitur keamanan yang bisa mencegah terjadinya potensi penipuan. Mencari hunian idaman di OLX, pengguna bisa merasakan kemudahan, kenyamanan dan keamanan.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal, atau tengah mencari pernak-pernik pengisi ruma

Bagikan Berita :