Ini Tips Fortinet Bagi Pengguna Mac untuk Hindari Serangan Malware

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya oleh Croccus mengenai serangan malware yang mulai menargetkan pengguna Mac, mulai saat ini, mereka yang menggunakan Mac tidak boleh lengah terhadap ancaman serangan ini. Menurut Fortinet sebagai perusahaan yang menangani solusi keamanan, diperlukan berbagai tindakan bagi pengguna Mac agar bisa terhindar dari serangan penjahat siber.

Oleh sebab itu, diambil dari website Fortinet, sebagai respons terhadap gelombang serangan ini, Fortinet merekomendasikan para pengguna Mac untuk mengambil langkah-langkah pencegahan berikut ini:

1.Terapkan patch dan update. Apple menyediakan update keamanan secara teratur. Para pengguna harus memastikan mereka meluangkan waktu untuk menerapkannya.

2.Backup perangkat Anda. Layanan Apple’s Time Machine secara otomatis akan membuat backup sistem penuh, yang berarti jika sebuah sistem mendapat serangan ransomware, seseorang bisa dengan mudah membersihkan perangkat dan melakukan pemulihan sistem secara keseluruhan dari backup. Teratur memindai backup untuk kerentanan dan simpan backup ini secara offline. Penyimpanan offline sangat penting karena sistem backup Time Machine seringkali terus-menerus terhubung dengan perangkat yang didukung, dan berisiko dikompromikan selama serangan.

3.Enkripsikan data yang tersimpan dalam perangkat. Meskipun hal ini mungkin tidak efektif melawan banyaknya varian ransomware, cara ini tetap baik karena bisa melindungi sebuah organisasi jika perangkat terinfeksi malware yang dirancang untuk mencuri file dan data.

4.Install sebuah rekanan endpoint security. Carilah solusi endpoint yang tidak hanya melindungi perangkat Anda, namun menghubungkan keamanan ini kembali ke strategi keamanan jaringan Anda, memungkinkan Anda meningkatkan dan berbagi intelegensi ancaman untuk melindungi perangkat berikut asetnya dengan lebih baik.

5.Sebarkan sistem keamanan yang melindungi terhadap vektor-vektor ancaman lainnya. Karena surel masih menjadi sumber utama malware dan berbagai infeksi, pastikan penerapan solusi keamanan surel yang kuat. Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat keamanan network, kontrol akses kabel dan nirkabel, keamanan berbasis cloud, dan strategi segmentasi network yang membantu mendeteksi, mengisolasi, dan merespons ancaman yang ditemukan di seluruh lingkungan yang terdistribusi.

Bagikan Berita :