Jelang Hari Pahlawan, Yuk Telusuri Objek-Objek Menarik di Kota Surabaya

Jelang hari Pahlawan 10 November, kota Surabaya selalu mendapat perhatian khusus dari banyak masyarakat di Indonesia. Ya, ibu kota Jawa Timur ini memang memiliki peran yang sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia. Pertempuran sengit pernah terjadi di Surabaya pada November 1945 dan hingga saat ini dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Namun, kota yang pernah mengalami peperangan hebat ini memiliki banyak tempat menarik yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di kota Pahlawan tersebut. Inilah adalan Agoda sebagai salah satu platform perjalanan online melakukan pemetaan beberapa tempat bersejarah yang patut dikunjungi oleh para traveller. Oleh sebab itu, Agoda pun mengajak para traveller untuk berkeliling kota Surabaya, baik dengan berjalan kaki, menyewa sepeda, hingga dengan angkutan seperti taksi.

1. Napak tilas sejarah perjuangan di Tugu Pahlawan

Mulailah perjalanan sejarah Anda dari Tugu Pahlawan untuk menghargai keberanian para pejuang yang gugur di medan pertempuran. Kemudian kunjungi Museum 10 November yang berada di kompleks yang sama, agar bisa lebih memahami sejarah Pertempuran Surabaya.

Untuk menyempurnakan napak tilas sejarah, habiskan malam di Hotel Majapahit Surabaya, yang dulunya bernama Hotel Yamato. Terletak di jantung kota Surabaya, hotel ini berperan penting dalam Pertempuran Surabaya. Saat itu, para pemuda Indonesia yang marah, merobek bendera Belanda dan menggantinya dengan bendera Indonesia.

hotel majapahit
Hotel Majapahit

2. Telusuri sentuhan kolonial di pusat kota

Segarkan diri di Bumi Surabaya City Resort, di mana Anda dapat dengan mudah melanjutkan eksplorasi bersejarah dari tengah kota. Nikmati pemandangan ala kota tua, di mana arsitektur dan fasad gaya kolonial Belanda masih dapat ditemukan di sepanjang jalan.

Jangan lupa mampir ke Monumen Bambu Runcing di Jalan Panglima Sudirman. Bambu Runcing adalah senjata sederhana yang terbuat dari bambu yang diruncingkan dan digunakan para pemuda untuk melawan musuh yang membawa senjata api. Monumen yang berbentuk lima bambu tersebut dibangun untuk mengenang gigihnya perjuangan mereka.

Monumen Bambu Runcing
Monumen Bambu Runcing

3. Nikmati suasana metropolitan

Jika Anda lelah mengunjungi situs-situs bersejarah, nikmati kota Surabaya yang saat ini telah bersalin rupa sejak perjuangan kemerdekaan. Jelajahilah jalan-jalan utama Basuki Rahmat, Mayjen Sungkono, dan HR Muhammad, nama tiga tentara nasional yang menjadi pahlawan terkenal, sebelum kemudian masuk ke salah satu pusat belanja untuk makan atau berbelanja.

Lengkapi pengalaman metropolitan di The Alimar Premier di Surabaya, yang menawarkan desain yang simpel dan menarik di bagian dalam dan luar gedung.

The Alimar Premiere
The Alimar Premiere

4. Akhiri hari dengan berjalan-jalan di tepi sungai

Sungai Brantas adalah sungai terbesar kedua di Pulau Jawa yang membelah Kota Surabaya, dari Jembatan Merah hingga Gunungsari. Jembatan Merah sendiri adalah salah satu lokasi pertempuran sengit pada saat Pertempuran Surabaya. Dinamakan Jembatan Merah karena banyaknya darah para pejuang yang tertumpah saat itu.

Untuk pengalaman malam terbaik di kota, menginaplah di TS Suites Surabaya yang terletak di kompleks Surabaya Town Square, di mana Anda akan menemukan banyak pilihan untuk bersantap dan hiburan, termasuk outlet karaoke keluarga dan spa lengkap.

Jembatan Merah
Jembatan Merah
Bagikan Berita :