Komunitas Chevrolet Indonesia Lakukan Napak Tilas Situs Bersejarah di Indonesia

Berkunjung ke situs-situs sejarah perjuangan bangsa dapat menjadi  sebuah aktivitas untuk membangkitkan semangat dan kebanggaan menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal inilah yang mendasari para pecinta Chevrolet untuk menyelenggarakan touring bulanan ke Rengasdengklok, Karawang di bulan Agustus lalu. Seperti yang telah diketahui, peristiwa Rengasdengklok telah menjadi sebuah momen bersejarah dimana melibatkan beberapa tokoh pendiri bangsa, seperti Ir. Soekarno dan Moehammad Hatta, beserta menjadi awal dari detik-detik menuju kemerdekaan Indonesia di tahun 1945.

Perjalanan ‘Napak Tilas Sejarah Indonesia’ yang dilaksanakan oleh komunitas pecinta Chevrolet dimulai pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 hingga Minggu, 18 Agustus 2019. Puluhan kendaraan Pick-up truck Chevrolet Colorado dan Chevrolet Trailblazer jalan beriringan mengantarkan komunitas pecinta Chevrolet berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, dimulai dari Rumah Sejarah Rengasdengklok yang menjadi tempat singgah Soekarno dan Hatta. Perjalanan pun berlanjut ke titik-titik bersejarah lainnya antara lain Monumen Kebulatan Tekad atau dikenal juga sebagai Tugu Proklamasi, serta Monumen Rawagede, sebuah monumen untuk mengenang peristiwa tragis di Rawagede yang  mengilhami Chairil Anwar menciptakan karya puisi terkenal “Antara Karawang Bekasi”.

Touring telah menjadi agenda rutinitas yang selalu kami lakukan setiap bulannya sebagai sarana untuk berkumpul bersama keluarga dan anggota komunitas kami sekaligus menjajal kendaraan Chevrolet untuk mengujungi tempat-tempat unik. Melalui kesempatan ini, kami ingin menanamkan rasa cinta terhadap Indonesia sejak dini kepada anak dan keluarga kami diantaranya dengan mengenal situs-situs bersejarah bangsa Indonesia, termasuk yang berkaitan dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ujar Dandi Birdy, selaku salah satu penggagas kegiatan. Dalam kesempatan ini, Dandi pun turut membagikan beberapa tips berkendara saat touring:

1.    Persiapan memadai.

Saat akan berangkat menuju kawasan Rengasdengklok, gunakan kendaraan yang memadai guna menghadapi kondisi jalan yang penuh tanjakan, kelokan, dan turunan. Pastikan Anda memperhatikan dan memeriksa hal-hal dasar kondisi kendaraan sebelum bepergian, seperti lampu, oli, rem, ban dan wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan dan persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

2.    Tentukan titik beristirahat.

Dalam menempuh perjalanan jarak jauh, terutama tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, dibutuhkan pemahaman yang baik akan kondisi rute perjalanan. Fitur seperti MyLink yang dapat terkoneksi dengan Google Maps yang terdapat pada smartphone, dapat berguna bagi pengemudi untuk mengetahui jalur terbaik menuju lokasi. Selain itu, sebaiknya utamakan jalur utama untuk menemukan titik beristirahat yang terbaik.

3.    Pastikan bahan bakar cukup.

Melewati tanjakan terjal tentu membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak pada kendaraan. Maka dari itu, anda perlu memantau persediaan bahan bakar kendaraan agar selalu cukup ketika digunakan untuk melewati kondisi jalan yang menantang.

 Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia, menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh para pecinta Chevrolet ini. Yuniadi mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi antusiasme teman-teman komunitas pecinta Chevrolet dalam kegiatan touring yang berkaitan dengan peringatan hari kemerdekaan, mengingat Chevrolet juga menjadi bagian dari perjalanan sejarah tanah air. Dukungan para pencinta Chevrolet diharapkan dapat semakin mendekatkan merek Amerika yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini dengan masyarakat luas di Indonesia.”

 Chevrolet Colorado merupakan pick-up truck andalan Chevrolet yang tampil gagah dengan fascia depan dan belakang yang kokoh dan hadir dengan desain yang lebih modern, teknologi yang terkini dan juga performa terbaik. Kabin terasa lebih senyap dengan adanya perubahan tampilan eksterior, relokasi balance shaft yang memberikan kelegaan. Dengan menggunakan konsep ‘Go-Anywhere’ dalam proses pengembangan, double cabin pick-up ini tangguh dan cocok dalam memenuhi kebutuhan untuk bisnis maupun gaya hidup konsumen.

 Pengalaman berkendara bersama Chevrolet juga dapat diperoleh masyarakat dalam ajang pameran mall Chevrolet 101 Festival yang  berlangsung sampai pada akhir bulan September ini. Selama perhelatan Chevrolet 101 Festival, Chevrolet menawarkan serangkaian program-program menarik bagi para pelanggan yang ingin membawa pulang mobil Chevrolet, seperti DP ringan mulai IDR 20 jutaan, cicilan ringan mulai IDR 2 jutaan dan bunga 0% untuk 2 tahun.

Bagikan Berita :