Nimo TV: Video Game Ternyata Bisa Kalahkan Tayangan Televisi

Perkembangan popularitas industri video game dan eSports di kalangan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari fungsi video game sendiri sebagai instrumen hiburan. Menurut hasil penelitan kepada 66 orang yang dilakukan oleh University of Central Florida, bermain video game mampu membuat seseorang menjadi lebih rileks dibandingkan kegiatan relaksasi lainnya, seperti meditasi ataupun bersantai dan minum kopi.

Lebih jauh lagi, video game kini telah menjadi sumber hiburan terdepan mengalahkan televisi, film, atau buku. Menurut laporan Reuters pada bulan Juli 2018, industri gaming telah bertumbuh sebesar 10,7 persen dalam setahun terakhir dengan total pendapatan mencapai USD 116 milliar, sedangkan industri televisi mengalami penurunan sebesar delapan persen secara global, dengan pendapatan sebesar USD 105 milliar.

Popularitas video game sebagai wadah entertainment dan gaya hidup mampu menarik perhatian kalangan selebriti. Tidak hanya game streamer yang kini mulai dikenal oleh kalangan awam seperti Tyler “Ninja” Blevins di AS atau Justin “Jess No Limit” di Indonesia, sebaliknya, figur publik seperti pesepakbola Inggris dari klub Tottenham Hotspurs, Dele Alli, dan Disc Jockey dari Amerika Serikat, ‘DeadMau5’, kini juga mulai aktif bermain video game. Di Indonesia, salah satu selebriti yang turut aktif menggeluti dunia gaming adalah penyanyi finalis Indonesian Idol, Brisia Jodie.

Dalam acara Serba Serbi Gamers (Seru Bareng Selebriti & Gamers), sebuah program hiburan yang ditayangkan langsung di Nimo TV beberapa waktu lalu, alumni season 9 Indonesian Idol ini menceritakan pengalaman serunya beraktivitas dalam komunitas gaming. “Aku pertama kali aktif main game dari kelas 4 SD, mainnya Ragnarok Online sama game-game PS (PlayStation)”, terang perempuan kelahiran tahun 1996 ini. Selain itu, Brisia juga mengatakan ikut aktif bermain Mobile Legends. “Aku udah main Mobile Legends dari season 1, pokoknya dari awal keluar banget”. Bahkan ia sempat nge-fans dengan Jess No Limit, salah satu pemain Mobile Legends yang populer.

“Dulu waktu aku ikut karantina (Indonesian Idol), aku dikasih tau sama tim aku ‘eh postingan kamu dikomen sama Jess No Limit lho’. Aku seneng banget soalnya aku udah nge-fans sama dia dari season 1 (Mobile Legends) dulu,” terang penyanyi kelahiran Yogyakarta ini. Jodie tidak pernah menyangka bahwa dirinya bisa berkenalan langsung dengan Jess No Limit dan bahkan digosipkan sedang dekat dengannya. Kedekatannya dengan anggota squad Mobile Legends di EVOS tersebut diakuinya berawal dari kegemarannya bermain game MOBA tersebut. Adapun mengenai gosip kedekatannya dengan Jess No Limit, Jodie agak malu-malu mengakuinya. “Jangan digodain dong, kita kan cuma teman, nanti ada yang musuhan”, terangnya sambil malu-malu.

Dunia game dan eSports memang tidak bisa dipisahkan karena eSports sebagai spectator sport bergantung pada dukungan para pemain game tersebut. Kevin Raharja, Head of Marketing Nimo TV mengatakan, “Kami melihat dunia game dan eSports merupakan dua industri yang berbeda meski bersumber dari hal yang sama yaitu game. Perbedaannya terletak pada pola konsumsi game dan juga pemangku kepentingan dari dua industri tersebut. Akan tetapi kami meyakini bahwa keduanya saling bergantung dan membutuhkan satu sama lain. Disinilah peran Nimo TV sebagai layanan live streaming game yang mana para pemain game, pegiat game, dan para atlet eSports bisa belajar dan berinteraksi satu sama lain, saling mengembangkan kemampuannya sekaligus sebagai hiburan bagi pencinta game dan eSports.”

Nimo TV bekerja sama dengan Revival TV menyelenggarakan program Serba Serbi Gamers, sebuah festival video game dan eSports yang tidak diperuntukkan hanya bagi para pemain, namun juga para penggiat dari berbagai industri lainnya. Serba Serbi Gamers berlangsung dari tanggal 3 hingga 30 Desember 2018 pukul 19.00-21.00 WIB. Disiarkan secara langsung oleh Nimo TV, acara ini akan menyajikan beragam tema menarik setiap harinya, mulai dari acara komunitas, pertandingan turnamen video game yang diikuti oleh berbagai tim profesional, hingga acara talkshow yang akan mendatangkan tokoh-tokoh eSports lokal dan sejumlah public figure dari berbagai bidang, seperti Anya Geraldine, Ericko Lim, Deddy Corbuzier, Awkarin, Agung Hapsah, serta RRQ Esports.

 

Bagikan Berita :