Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Gandeng Go-Pay Untuk Penggalangan Donasi Digital Inbox x

Saat ini, Indonesia menempati ranking satu sebagai negara yang paling dermawan di dunia menurut data dari Charities Aid Foundation dalam laporan World Giving Index (2018) dengan 78% orang Indonesia mendonasikan uangnya untuk amal. Sementara itu, sektor seni dan budaya masih kurang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai sasaran kedermawanan. Pemanfaatan teknologi digital ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam praktik kedermawanan individu untuk sektor seni dan budaya.

PSBK yang dipayungi oleh Yayasan Bagong Kussudiardja secara non-profit dan konsisten mengembangkan program pengabdian pada masyarakat melalui seni. Kerjasama dengan Go-Pay ini merupakan upaya responsif PSBK sinergikan transformasi kegiatan filantropi (kedermawanan) individu dari konvensional ke digital seperti yang dipaparkan dalam agenda Festival Filantropi Indonesia (FiFest) pada November 2018 lalu. Selama ini, praktik penggalangan donasi PSBK dilakukan dalam bentuk saweran yang dilakukan setiap gelaran pertunjukan Jagongan Wagen, ruang presentasi karya seniman muda yang diselenggarakan sebulan sekali. Pada FiFest yang digelar oleh Filantropi Indonesia ini turut mengungkap peran aktif generasi milenial pada praktik filantropi yang meningkat dalam lima tahun terakhir.

“PSBK dipercaya oleh para stakeholder untuk terus menghubungkan seniman dan masyarakat pada nilai-nilai budaya melalui kesenian. Tahun ini, dukungan panjang dari Bakti Budaya Djarum Foundation dan juga pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif Indonesia merupakan kontribusi vital dalam memastikan keberlanjutan investasi pemajuan daya seni di PSBK. Namun, mengoperasikan kompleks art center dengan belasan gedung ini membutuhkan dukungan dari banyak pihak agar dapat maksimal dimanfaatkan publik. Melalui saweran digital ini, kami mengajak masyarakat luas terutama generasi muda untuk menciptakan dampak bagi sesama atas akses seni di PSBK.” – Jeannie Park, Direktur Eksekutif PSBK

Sementara itu di Pacific Place, Jakarta (18/2) telah dilakukan penandatanganan kemitraan strategis antara Filantropi Indonesia dan Go-Pay pada peluncuran inovasi donasi digital Go-Pay for Good yang dihadiri oleh Ketua Badan Pengurus Filantropi Indonesia, Timotheus Lesmana; Co-Chair Filantropi Indonesia, Erna Witoelar; Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Aksesibilitas Sosial, Marjuki; dan CEO Go-Pay, Aldi Haryopratomo.

“Kami ingin mendorong semakin luasnya pemanfaatan kemudahan pembayaran non-tunai, termasuk dalam membantu sesama lewat donasi. Kami melihat donasi digital memiliki potensi untuk turut membantu membangun Indonesia lebih sejahtera secara merata.” – Aldi Haryopratomo, CEO Go-Pay.

Kemitraan strategis ini menjadi peluang bagi PSBK sebagai organisasi yang berjejaring dengan Filantropi Indonesia dalam mengembangkan kapasitasnya untuk terus membangun Indonesia melalui sektor seni dan budaya.

Bagikan Berita :