Satu Tahun di Indonesia, SPBU BP-AKR Terus Kembangkan Bisnis di Indonesia

Pada April 2017, BP menandatangani perjanjian dengan AKR di Indonesia untuk membentuk perusahaan patungan (joint-venture) bernama PT. Aneka Petroindo Raya (APR). Perusahaan patungan ini bekerjasama dalam membuka ritel SPBU di Indonesia dengan nama BP AKR Fuels Retail. Pembukaan SPBU ini mengukuhkan kehadiran BP-AKR di pasar bahan bakar Indonesia yang sedang tumbuh. Joint-venture ini juga berencana untuk membangun 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan, selaras dengan inisiatif pemerintah untuk mengembangkan pembangunan SPBU di daerah 3T yang merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia.

Pada 28 November 2019 lalu, BP-AKR telah resmi beroperasi di Indonesia selama satu tahun. Selama satu tahun terakhir, BP-AKR telah memperlihatkan kontribusi nyata untuk Indonesia. BP-AKR yang sejauh ini telah mengoperasikan 13 SPBU di Jabodetabek dan Surabaya dan telah mendistribusikan 15 juta liter bensin hingga November 2019. Selain itu BP-AKR juga berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan. Nyatanya, 70% dari karyawan di SPBU BP-AKR adalah penduduk lokal yang tinggal di daerah SPBU BP-AKR.

Peter Molloy selaku President Director dari BP-AKR menyatakan, “Sejalan dengan misi BP-AKR yaitu Everyday Brighter, kami selalu berkomitmen untuk membuat tidak hanya hari para konsumen, tetapi juga hari para mitra dan para pekerja di SPBU BP-AKR menjadi lebih cerah lewat produk dan layanan kami. Selama satu tahun beroperasi di Indonesia, kami telah membuka 13 SPBU di Jakarta dan Surabaya dan berencana untuk membuka lebih banyak lagi SPBU BP-AKR kedepannya. Kami harap SPBU BP-AKR dapat terus memberikan dampak dan kontribusi positif untuk masyarakat Indonesia. ”

BP juga mempunyai komitmen untuk mengurangi emisi karbon di seluruh jaringan SPBU-nya. Komitmen ini dilakukan BP-AKR melalui program BP Target Neutral (BPTN). Setiap emisi karbon yang tidak dapat dikurangi langsung pada saat ini diimbangi sehingga menjadikan lokasi pom bensin menjadi netral karbon dan menjadikan emisi karbon bersihnya menjadi nol. BPTN mendukung gagasan ini dengan membeli penyeimbang karbon dari proyek-proyek di seluruh dunia, seperti program biodigester di Indonesia yang mengurangi emisi secara berarti. Selain membeli kredit karbon dari portofolio proyek di seluruh dunia, program BPTN juga berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan jutaan orang melalui akses yang lebih baik ke energi, kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan.

BP-AKR memiliki strategi untuk menghadirkan bahan bakar berkualitas dengan menghadirkan bahan bakar dengan teknologi ACTIVE. Teknologi ACTIVE merupakan teknologi inovatif yang hadir dalam bahan bakar BP-AKR untuk membantu melindungi bagian penting dari mesin kendaraan ketika berkendara. Molekul yang ada pada teknologi ACTIVE mengalir melalui sistem bahan bakar kendaraan bersamaan dengan bahan bakar dan melekat pada permukaan katup masuk dan membentuk sebuah lapisan pelindung. Hal tersebut membantu menghentikan kotoran melekat pada permukaan logam, sehingga dapat membantu melindungi dari kotoran dan membantu menjaga mesin kendaraan tetap bersih. Bahan bakar BP dengan teknologi ACTIVE dirancang khusus untuk membantu melindungi dari kotoran dan membantu menjaga kinerja di semua jenis kendaraan bensin – baru dan lama, besar dan kecil, roda dua dan roda empat.

Selain itu, BP-AKR juga berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen di negara-negara dengan pangsa pasar yang sedang berkembang. Salah satu strategi ritel BP-AKR juga adalah dengan menghadirkan konsep one stop service untuk SPBU BP-AKR. BP-AKR bermitra dengan sejumlah bisnis lokal terkenal seperti Alfamart, Castrol Bike Point (dioperasikan oleh SiTepat), Kopi Kenangan, Martabak Orins dan Toko Kopi Tuku. Selain itu, BP-AKR juga bergabung dengan program Alfagift, sebuah program loyalitas multi-mitra dimana konsumen dapat memperoleh dan menebus poin di berbagai outlet ritel. BP-AKR merupakan salah satu mitra terbaru dalam program tersebut, dimana konsumen dapat memperoleh 100 poin Alfagift untuk setiap pembelian satu liter bahan bakar BP.

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang pertama, BP-AKR juga menawarkan berbagai promo pada pada periode 25 November 2019 sampai 11 Januari 2020. Promo yang bertajuk #SetahunMakinCerah ini ditujukan bukan hanya untuk kendaraan roda empat, tapi ada juga promo untuk roda dua yang mengisi bahan bakar di SPBU BP-AKR. Konsumen akan diberikan satu kartu untuk mengumpulkan 10 cap yang dapat ditukarkan dengan satu kesempatan mengambil undian hadiah gratis.

Bagikan Berita :