Tahun 2017, Nilai Ekspor UMKM meningkat 20,72 Persen

Sepanjang tahun 2017, nilai ekspor UMKM ternyata mengalami peningkatan sebesar 20,72 persen dibandingkan tahun sebelumnyaa. Dengan demikian, jika dinilai dari besarannya, pada tahun 2017, sektor UMKM berhasil mencapai nilai ekspor Rp 24,47 miliar, naik dari sebelumnya yang bernilai Rp 20,27 miliar. Informasi ini disampaikan langsung oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada Jumat minggu lalu.

Dari laporan tersebut, Kemenkop UKM juga berhasil memfasilitasi 109 UKM untuk mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Dengan peningkatan nilai ekspor ini, sektor UMKM berhasil melakukan kontribusi yang besar pada devisa negara sebesar Rp 61,78 miliar melalui berbagai pameran.

Di tahun 2018, Kemenkop UKM akan terus menggiatkan sektor UKM ini agar bisa lebih berkembang lagi. Beberapa event yang sudah dibidik adalah Malaysia Internationaal Halal Showcase dan Chibimart Summer di Italia, serta Festival Indonesia Fair di Rusia. Kemenkop UKM sendiri menargetkan 30 UMKM bisa ikut dalam setiap event tersebut.

Bagikan Berita :