Tren Belanja Online di Ramadhan: Handphone, Gamis, dan Kue Kering Jadi Favorit

Sebagai pelaku e-commerce terbesar di Asia, Lazada tetap memimpin pasar e-commerce dengan menunjukkan konsistensi mereka menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman bagi seluruh konsumennya. Terutama di bulan Ramadhan, berdasarkan data yang dimiliki Lazada saat Ramadhan 2016 lalu banyak konsumen belanja online di Lazada untuk memenuhi segala kebutuhan Ramadhan mereka. Tak diragukan lagi, pengalaman belanja online yang mudah, menghemat waktu dan tenaga menjadi pertimbangan utama para konsumen, sehingga konsumen dapat lebih fokus melakukan ibadah maupun persiapan lainnya menjelang perayaan hari Lebaran.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia mengatakan, “Berdasarkan data yang kami miliki, kami melihat bahwa di bulan Ramadhan tahun lalu pada jam istirahat siang antara pukul 12 sampai 2 siang, sebagian besar konsumen lebih memilih belanja online daripada sekedar melihat-lihat media sosial. Secara total, pada Ramadhan tahun lalu kami mendapatkan kenaikan jumlah order 50% lebih besar bila dibandingkan dengan bulan non-Ramadhan.”

“Fakta unik lain yang kita temukan, bahwa tahun lalu saat dini hari antara pukul jam 4-6 pagi, sebelum Imsak dan menjelang matahari terbit, 90% dari order Lazada berasal dari smartphone. Dengan produk-produk pakaian muslim menjadi favorit untuk diburu pada jam tersebut”, lanjut Florian. Menilik lebih dalam lagi pada kategori baju Muslim, Gamis merupakan produk baju Muslim yang paling laris tahun lalu.

Sementara itu, dalam kategori “Makanan Kaleng dan Kemasan”, favorit konsumen di Indonesia yang menjadi produk paling laris adalah berbagai kue kering yang kerap dinikmati dan melengkapi setiap rumah saat Lebaran. Diperkirakan untuk tahun ini kue kering juga akan kembali menjadi favorit.

Hal menarik lainnya juga ditemukan pada kategori “Perlengkapan Dapur dan Ruang Makan”, tahun lalu banyak konsumen membeliSharp Blazter Blender. Sangat jelas bahwa setiap orang begitu antusias menyambut hari Lebaran dengan mempersiapkan minuman atau masakan yang lezat untuk dinikmati seluruh anggota keluarga. Kebutuhan mempercantik rumah juga tidak ketinggalan, Karena dalam kategori “Furnitur dan Dekorasi”, set bantal sofa menjadi pilihan utama konsumen.

Tetap cantik dan sehat di bulan puasa, menjadi perhatian utama bagi para konsumen. Untuk kategori “Kesehatan dan Kecantikan”, tahun lalu produk eyeliner Hyper Glossy Liquid Liner dari Maybelline menjadi produk yang paling laris di Lazada. Kelembaban dan kebersihan kulit wajah juga tidak kalah penting, dengan Motorised Facial Cleanser meduduki posisi kedua pada kategori ini, diikuti olehfoundation concealers di posisi ketiga. Ini menunjukan bahwa minat dan daya beli konsumen di Indonesia untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari semakin tinggi, dan mereka semakin jeli dalam memilih produk berkualitas untuk mendukung penampilan mereka.

Permintaan yang tinggi atas barang elektronik untuk kebutuhan rumah tangga juga marak menjelang Lebaran. Tahun lalu TV Smart LED Ultra 3D dengan lebar layar 79 inci, menjadi salah satu produk high-end ekslusif yang diincar konsumen untuk memeriahkan perayaan hari Lebaran.

“Berdasarkan hasil survey tersebut, terlihat bahwa masyarakat semakin terbiasa untuk berbelanja online termasuk saat menjelang hari Lebaran. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi memberikan berbagai penawaran dan layanan terbaik bagi konsumen kami, seperti bayar di tempat (COD) dan pengiriman gratis (Free Onkir) ke seluruh Indonesia[1]. Kami berharap masyarakat akan terus memilih Lazada untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka, baik sehari-hari maupun dalam berbagai perayaan, seperti Lebaran dan Natal.” tutup Florian.

Bagikan Berita :