Hankook Tire Perluas Lini Produk SmartFlex

Menyambung kesuksesan lini produk SmartFlex, Hankook Tire memperkenalkan pola tapak baru bagi segmen truk. Ban ini untuk perjalanan regional hingga jarak jauh di Eropa. Roda kemudi untuk SmartFlex AH51, dan roda penggerak untuk SmartFlex DH51, masing-masing menawarkan 15 dan 20 persen jarak tempuh yang lebih andal. Selain berbagai fitur Hankook SmartLife yang menawarkan pola tapak dan teknologi baru, regenerasi tersebut akan bergabung ke portofolio produk ban truk Hankook. Enam ukuran pertama akan siap di pasar Eropa mulai November 2021.

Kesuksesan lini SmartFlex melayani berbagai penggunaaan. Mulai dari regional sampai ke perjalanan distribusi lokal. Fungsionalitas SmartFlex bahkan melebar hingga ke transportasi jarak jauh dan area konstruksi. Tidak hanya itu, semuanya akan bisa terpenuhi sepanjang tahun berkat sertifikasi 3PMSF. Sekarang Hankook dapat memperluas portfolio produk berkat kesuksesan lini produk SmartFlex dengan dua tapak yang baru. Keduanya adalah SmartFlex AH51 utnuk roda penggerak, dan SmartFlex DH51 untuk roda kemudi.

Dibandingkan dengan pendahulunya, terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada performa jarak tempuh pada kedua pola ban yang baru. 15 persen untuk roda kemudi dan 20 persen untuk roda penggerak. Kelebihan lainnya yaitu 10 persen dari pengurangan hambatan gulir untuk AH51 dan DH51 membantu pengurangan konsumsi bahan bakar. Terutama ketika dibandingkan dengan performa dari seri 31. Ketika mengecek indikator CPK (cost per kilometer) sebagai bagian penting dari industri transportasi. Kedua tapak baru SmartFlex mampu mendukung operasional kendaraan niaga yang meningkat secara berkelanjutan.

“Ban truk dan bus Hankook telah lama masuk ke dalam kategori premium secara global. Ban ini digunakan sedari dulu oleh pabrik besar dan terkemuka sebagai perlengkapan asli kelas dunia. Kami menjunjung tinggi nilai ramah lingkungan sebagai bagian dari produk kami. Oleh karena itu pengembangan tapak pintar memenuhi aspirasi kami untuk mewujudkan prinsip berkelanjutan. Sehingga ban bisa bertahan lama. Dan tentunya sejalan dengan keuntungan yang meningkat untuk pelanggan.” ujar Sanghoon Lee, pemimpin Hankook Tire Eropa.

Dalam pengembangan kedua ban, para ahli desain menggunakan konsep Hankook SmartLife yang mana berfokus pada ketahanan. Fokus Hankook adalah memastikan produk ini memberikan performa maksimal dari awal hingga milimeter terakhir. Seperti ban modern Hankook untuk truk lainnya, dua tapak baru tersebut dapat dibuatkan alur kembali dan dapat ditapak ulang. Ini berkat teknologi mutakhir. Hankook SmartLife Premium casing (selubung), dikombinasikan dengan Hankook Premium retreading (tapak ulang). Sehingga berdampak meningkatkan usia ban sampai 250 persen. Dan bahkan membantu konservasi sumber daya dan efisiensi anggaran.

“Sebagai produsen ban premium, kami fokus mengembangkan ban yang mengusung kualitas terbaik dan awet. Tidak hanya itu, keamanan operasional yang permanen dan prestasi atas performa yang paling tinggi juga jadi kriteria penting. Uji coba intensif menunjukkan bahwa perbandingan dengan kategori premium milik kompetitor, kedua produk SmartFlex memperoleh standard performa yang terlihat jelas lebih tinggi pada bagian performa daya tahan hidup ban, bahkan ketika ban terpakai sebanyak 2/3, contohnya seperti jarak rem pada jalan basah sebagai cengkraman dan keamanan di berbagai kondisi jalan.” ucap Guy Heywood, selaku Director Marketing Truck & Bus Hankook Tire Eropa.

Material kompon dari pola AH51 dan DH51 sama-sama didesain untuk keperluan efisiensi. Adanya peningkatan low-damping materials (bahan rendah redaman) membantu pengurangan kehilangan daya viskoelastik sepanjang tapak, yang berarti hanya sedikit daya yang terpakai dan efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik. Kompon dinding samping ban juga baru dikembangkan untuk generasi SmartFlex yang baru. Pengembang Hankook menekankan, adanya peningkatan resitensi yang signifikan terhadap keretakan dan keausan. Oleh karena itu, secara keseluruhan, kekuatan rangka pada AH51 dan DH51 telah jauh meningkat dibandingkan pendahulunya. Ban DH51 terbaru juga memiliki fitur tersendiri pada bagian notch-tough kompon tapak, dimana resin khusus berperforma tinggi meningkatkan ketahanan dan kekuatan, dengan meningkatkan berat molekul polimer yang digunakan sehingga membantu performa jarak tempuh yang lebih tinggi.

Proses pembauran inovatif Hankook atau IMS (Innovative Mixing System) menjamin pendistribusian yang seimbang antara partikel karbon hitam dan molekul karet dalam penggabungan. Dengan kombinasi perpanjangan durasi pencampuran di suhu yang rendah, peningkatan pesat dalam pengikatan kecepatan antara karbon hitam dan molekul karet didapatkan. Hasilnya, ban SmartFlex lebih sedikit mengeluarkan panas saat dijalankan.

Daya tahan tinggi

Teknologi desain SCCT (Stiffness Control Contour Theory) yang digunakan pada produk SmartFlex memastikan penyebaran tekanan internal dapat seseimbang mungkin bergantung pada pengaplikasian. Ini berdampak pada kestabilan dan lebih sedikit pergerakan ban ketika dipakai, yang mana membuat badan SmartLife berdaya tahan tinggi dan penapakan ulang. Untuk bagian belt plies dan badannya, AH51 dan DH51 menggunakan kabel baja spesial yang kuat. Dipadukan dengan kontur SCCT, ini menghasilkan tambakan kontak yang merata, juga daya tarik yang disempurnakan dan performa saat mengerem.

Lekuk 3 Dimensi dengan fitur tapak regenerasi diri digabungkan ke tapak AH51 dan DH51 terlihat setelah penggunaan mencapai antara 40 hinga 70 persen pada pola tapak. Kegunaan dari “regenerasi” lekuk ini adalah untuk mengunci blok tapak menjadi satu pada perputaran yang mengakibatkan stabilitas tapak yang tinggi dan menghasilkan jarak tempuh yang lebih jauh selama masa pakai. Ini juga membuat ban lebih kuat dan tidak mudah rentan terhadap pengaruh eksternal, seperti permukaan jalan yang tidak bersahabat. Istilah “lekuk tersembunyi” muncul saat level penggunaan mencapai 70 persen dan menjamin keberlangsungan daya tarik dan cengkraman basah walau dalam kondisi lembab hingga tapak benar-benar aus.

Blok tapak yang lebar pada SmartFlex AH51 yang mana bisa digunakan sebagai ban segala posisi diperlengkapi dengan dukungan tambahan (T.W.E.S. – Tread Wear Equalised Stepper) di bagian luar lekuk dan meningkatkan kekakuan tapak pada konjungsi dengan bagian lebar dari bahu rusuk ban. Dukungan ini memastikan pemakaian merata di seluruh luas ban. Ini juga menghasilkan perbaikan lebih untuk jarak tempuh dan ketahanan gulir. SmartFlex DH51 memiliki kontak tambalan yang lebih lebar daripada pendahulunya, yang mana meningkatkan daya sembari memperbaiki jarak tempuh dan ketahanan gulir. Lekuk istimewa pada bahu blok yang biasanya dititikberatkan pada poros ban, membantu mengurangi retakan bahkan saat beban memuncak. Selain itu, teknologi ini juga mendukung drainase tapak agar meningkatkan performa daya tarik.

Bagikan Berita :