Melalui Kitabisa, JD.ID Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Korban Erupsi Gunung Semeru

Lewat program “Gerakan Brand Untuk Kebaikan, Bantu Korban Bencana Gunung Semeru”, JD.ID dan Kitabisa bekerjasama untuk meringankan beban dan memenuhi sebagian dari kebutuhan para korban pasca erupsi. Bantuan ini diharapkan bisa membantu proses pemulihan. Seperti untuk upaya pemulihan fasilitas pertanian, sebagai satu dari sekian mata pencaharian utama masyarakat Gunung Semeru.

Terkait dengan penyerahan bantuan bagi korban bencana Gunung Semeru, Leo Haryono, selaku Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID, mengungkapkan, “Pemulihan ekonomi melalui bantuan pemulihan fasilitas pertanian merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Dan ini harus segera dilakukan agar tidak menghambat proses pemulihan masyarakat terdampak. Kami menargetkan pada bulan Januari ini, bantuan sudah bisa dialokasikan kepada para korban dengan mata pencaharian petani. Selanjut-nya perbaikan fasilitas umum, dan pendidikan juga menjadi perhatian kami, agar kemudian seluruh bantuan dapat dialokasikan sebelum Maret 2022. Dengan harapan seluruh masyarakat Gunung Semeru dapat segera beraktifitas seperti sedia kala.”

Lebih lanjut Leo Haryono juga menjelaskan bahwa menjadi sebuah platform pemenuh kebutuhan masyarakat itu tidak semata-mata soal jualan dan mencari keuntungan. Namun juga sebagai perpanjangan tangan masyarakat dengan menyediakan sarana sosial untuk berbagi dan membantu sesama.

“JD.ID memiliki misi untuk membawa kebahagiaan (“joy”) melalui keberadaan kami, tidak hanya kepada para pelanggan, namun juga kepada seluruh masyarakat Indonesia. Melalui penyaluran bantuan ini, kami berharap agar JD.ID dapat terus menjadi salah satu sumber sukacita di tengah masyarakat, baik melalui peran kami sebagai platform e-commerce penyedia kebutuhan atau sebagai sarana sosial untuk menolong satu sama lain”, pungkas Leo.

Wujud kontribusi JD.ID untuk bantu masyarakat terkena bencana

Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa menyampaikan, kolaborasi bersama ini merupakan wujud kontribusi untuk membantu sesama yang membutuhkan dan terdampak pasca erupsi Semeru. “Terima kasih JD.ID sudah berpartisipasi dalam Gerakan Brand untuk Kebaikan (GEBRAKAN) bantu korban bencana Gunung Semeru. Donasi sebesar 75 juta ini akan kami salurkan untuk mendukung kebutuhan korban pasca bencana. Pendistribusian donasi yang diberikan JD.ID dibagi 2 tahap, tahap 1 senilai 25 % atau Rp 25.000.000 akan disalurkan untuk Bantuan Pertanian bulan Januari 2022 dan tahap 2, 75% senilai Rp 50.000.000 akan disalurkan pada periode Feb-Maret 2022”.

“Distribusi donasi tahap 2 akan disalurkan untuk salah satu bentuk bantuan. Misalnya seperti, Infrastruktur (kebutuhan air bersih, pembuatan MCK Umum, Tempat Ibadah) atau Pendidikan (Bantuan perlengkapan belajar, rehabilitasi sekolah) atau Pemulihan Ekonomi (Peternakan, Perkebunan, Usaha, Kebutuhan Harian)” ujar Marisa.

Sebagai informasi, Gunung Semeru meletus pada bulan Desember silam, tepat-nya pada Sabtu, 4 Desember 2021. Melalui data yang JD.ID peroleh dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat 10.400 orang warga yang terdampak berlokasi di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo Lumajang. Selain itu, total rumah yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru ini mencapai 1.027 unit, baik mengalami kerusakan berat maupun ringan.

Bagikan Berita :