Dukung Misi Penyelamatan Lingkungan Hidup, Investree Hadir Memasarkan Green Sukuk Tabungan Seri ST006

Berupaya untuk terus memberikan sesuatu yang istimewa bagi penggunanya, menjelang akhir tahun, Investree (PT Investree Radhika Jaya) sebagai pionir marketplace lending platform dan Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) bersama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menghadirkan Green Sukuk Tabungan Seri ST006. Ini adalah instrumen investasi hijau pertama yang ditawarkan kepada investor individu di pasar domestik. Mengusung tema “Investasi Hijau Menjaga Bumi”, ST006 menjadi alternatif investasi syariah yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan masa penawaran 1-21 November 2019.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan, “Dalam penerbitan Green Sukuk Tabungan Seri ST006 ini, kami tak hanya membawa semangat untuk meningkatkan kesadaran dan persentase teman-teman milenial yang menjadi investor demi memajukan perekonomian negara, tapi juga kepedulian terhadap lingkungan hidup. Kami sadar betul bahwa hal itu kini sudah menjadi perhatian setiap orang di dunia, sehingga Investree mendukung penuh kesuksesan ST006 yang dikhususkan untuk pembiayaan proyek ramah lingkungan senilai maksimal Rp 4,35 triliun. Kami mengimbau seluruh Lender Investree agar tidak melewatkan kesempatan berinvestasi hijau ST006 karena dapat dibeli di mana saja dan kapan saja melalui website dan aplikasi mobile Investree. Selain itu, ST006 juga bisa menjadi alternatif mendiversifikasikan portofolio yang nyaman dan efisien.”

Dengan tingkat imbalan minimal mengambang (floating with floor) sebesar 6,75% p.a., ST006 memiliki tenor 2 (dua) tahun dengan pemesanan yang terjangkau yaitu Rp 1 juta. Selain itu, investor akan memperoleh keuntungan lainnya seperti aman karena dijamin oleh Pemerintah; pemesanan mudah, 100% online; dan berlaku pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan setelah 12 bulan kepemilikan. Imbalan akan dibayarkan setiap bulan oleh Penerbit dengan tingkat imbalan yang disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan pada tanggal penyesuaian imbalan, didasarkan pada suku bunga acuan yakni dari BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,00% ditambah spread tetap sebesar 175 bps sampai dengan jatuh tempo.

Struktur produk dari ST006 adalah sebagai berikut:

  • Masa penawaran: 1-21 November 2019
  • Tingkat imbalan minimal: 6,75% p.a.
  • Imbalan mengambang (disesuaikan setiap 3 bulan) dengan tingkat imbalan minimal (floating with floor).
  • Tenor: 2 (dua) tahun
  • Jatuh tempo: 10 Agustus 2021
  • Nilai nominal: Rp 1 juta
  • Minimal pemesanan: Rp 1 juta dan kelipatan Rp 1 juta.
  • Maksimal pemesanan: Rp 3 miliar
  • Bentuk obligasi: tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder (non-tradable), tidak dapat dialihkan, dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.
  • Periode early redemption: 26 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB dan ditutup pada tanggal 4 November 2020 pukul 10.00 WIB.

Untuk memberikan pemahaman yang meluas tentang produk investasi hijau dan syariah ST006, Investree akan melaksanakan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Green Sukuk Tabungan Seri ST006 pada hari Senin, 11 November 2019 di Maqna Hotel by Prasanthi, Gorontalo, Sulawesi Utara. Partisipasi Investree dalam program Edukasi dan Sosialisasi ST006 ini sejalan dengan tujuan Pemerintah (baca: Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan yaitu mengedukasi dan membagikan tambahan pengetahuan bagi masyarakat luas tentang pilihan berinvestasi Surat Berharga Negara Ritel khususnya ST006 dan memberikan opsi lebih baik bagi mereka untuk melakukan pemesanan dan pembelian melalui fintech-marketplace lending.

Investree juga menjadi satu-satunya Midis yang rutin menghadirkan promo bonus hingga Rp 30 juta atau maksimal 1% dari pembelian ST006 di http://sbn.investree.id/st atau aplikasi mobile “Investree for Lender”.  Promo ini merupakan nilai tambah bagi investor dan sudah rutin berjalan sejak Investree pertama kali memasarkan Sukuk Tabungan Seri ST-002 pada tahun 2018.  “Promo bonus terus kami hadirkan untuk menggenjot semangat berinvestasi para Lender terutama anak muda sehingga kontribusi yang dapat Investree berikan sebagai Midis kian nyata,” tambah Adrian. Sedangkan untuk aplikasi mobile “Investree for Lender”, masyarakat sudah bisa mengunduhnya di Apple App Store atau Google Play Store secara mudah dan gratis.

ST006 merupakan produk investasi yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada WNI sebagai tabungan investasi berlandaskan prinsip-prinsip syariah: tidak melibatkan unsur perhitungan bunga (riba), judi (maisyir), penipuan (gharah), dan tidak mendatangkan kerugian kepada orang lain (mudharat). ST006 menganut konsep Akad Wakalah di mana Penerbit ST006 wajib menyatakan bahwa dirinya bertindak sebagai wali amanat dari pemegang ST006 untuk mengelola dana hasil penerbitan ST006 dalam berbagai kegiatan yang menghasilkan keuntungan. Investree sendiri menjadi satu-satunya perusahaan fintech lending yang telah mengantongi Surat Rekomendasi Penunjukkan Tim Ahli Syariah dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk layanan Investree Syariah

Bagikan Berita :